Pantai Pandawa - Pandawa Beach
Headlines News :
Selamat datang di situs Pandawa Site, kami menyajikan artikel-artikel yang memuat tentang situasi dan kondisi wisata pantai pandawa khususnya, semoga artikel-artikel yang kami muat di situs ini bermanfaat bagi pengunjung dan bisa menambah wawasan..,SELAMAT MEMBACA......!
Home » » Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Written By Unknown on Sabtu, 16 Agustus 2014 | 05.49

Pandawa Beach Kutuh
PANDAW BEACH KUTUH, Industri pariwisata terus berkembang seiring waktu. Orang-orang terus mencari tempat baru untuk dikunjungi dan dinikmati potensi wisatanya. Tempat yang itu-itu saja terasa mainstream, ramai dan membosankan. Apalagi di Bali, yang terkenal dengan wisata pantai tetapi Pantai Kuta yang menjadi andalan sudah terlalu biasa bagi kebanyakan orang. Pantai apa yang bagus tapi masih sepi dan ga banyak orang yang sudah pernah kesana, itulah tempat yang ingin dikunjungi oleh para wisatawan. Dan itu pula tempat yang menjadi sasaran para investor.


Dasarnya Bali adalah gudangnya investor di dunia pariwisata, tentu saja hal tadi membuat eksplorasi pantai terus dilanjutkan. Di daerah selatan Bali memang banyak pantai yang bagus. Namun akses ke pantai-pantai tersebut cukup sulit karena karakteristik bagian selatan Bali yang berbukit-bukit membuatnya tertutup dan susah dijangkau. Sehingga selanjutnya muncul istilah secret beach atau hidden beach bagi pantai-pantai itu, bahkan banyak yang mengganti kata beach dengan paradise atau heaven.

Dulu banyak pantai di Bali yang (selain warga sekitarnya) para peselancar saja yang tahu. Para peselancar ini mencari pantai dengan ombak yang bagus, dikelilingilah pinggiran Bali oleh mereka. Ditemukanlah pantai-pantai bagus dan komunitas mereka saja yang tahu. Tetapi lambat laun arus informasi begitu kencang dan mudah sehingga pantai-pantai tersebut lalu dikenal oleh banyak orang.

Baru-baru ini ada sebuah pantai yang letaknya juga di selatan Bali yang mulai booming keberadaannya. Dahulu pantai itu bernama Kutuh karena letaknya di desa dengan nama itu. Namun sekarang karena pantai ini sudah terkenal dan ada patung-patung tokoh Pandawa di tebing sekitar pantai maka pantai ini diperkenalkan dengan nama baru yaitu Pantai Pandawa dengan embel-embel secret beach.

Sama seperti pantai-pantai di daerah selatan Bali yang sudah saya sebutkan tadi, pantai Pandawa ini dulunya juga susah untuk dikunjungi karena letaknya yang ada di balik tebing. Setelah terlihat potensi keindahannya, maka tebing-tebing itu dipotong untuk memudahkan akses ke sana. Tebing-tebing yang dipapras ini bentuknya seperti tebing yang ada di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Sampai sekarang alat-alat berat masih bekerja untuk merapikan tebing dan membuat akses jalan yang lebih bagus lagi. Untuk menuju sebuah sajian alam, sajian alam lain harus dihancurkan lebih dahulu.

Pantai Pandawa memang menyuguhkan sajian yang lain dari kebanyakan pantai di Bali. Jumlah wisatawan yang belum seramai pantai-pantai ikon Bali. Pasir putih yang memanjang lalu ombak yang hanya mengalun pelan membuat kano bisa dikendalikan dengan baik oleh wisatawan meski mereka baru pertama kali mencobanya. Payung dan bangku untuk berjemur yang siap untuk membaringkan badan. Jajaran pondok-pondok yang mulai bertebaran menyajikan makanan dan minuman lengkap dengan kelapa muda yang menjadi minuman khas pantai. Dari atas tebing, penggemar olahraga paralayang bisa memuaskan hobinya berputar-putar di ketinggian melihat birunya laut. Lengkap sudah. Surga baru begitulah tagline nya. Memang seperti itu kelihatannya.

Sebelum Pantai Pandawa sepopuler sekarang, mata pencaharian penduduk sekitar sebagian besar adalah sebagai nelayan dan petani rumput laut. Lahan budidaya rumput laut itu masih ada sampai sekarang, berada di samping ‘lahan’ untuk bermain kano. Beberapa penduduk juga masih mencari ikan. Tetapi banyak juga yang beralih profesi sebagai karyawan hotel atau villa yang banyak bertebaran di atas tebing Pantai Pandawa. Beberapa juga beralih profesi dengan membuka warung.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung apakah penduduk yang tidak bekerja di sektor itu juga meraih keuntungan? Jika nantinya industri pariwisata terus berkembang, apakah semua penduduk sekitar Pantai Pandawa harus beralih profesi menjadi pekerja wisata? Saya juga tidak tahu. Yang saya lihat sampai sekarang gubuk para nelayan di pinggir pantai tetaplah berbentuk gubuk. Sesuai dengan namanya, semoga Pandawa benar-benar menjadi tokoh protagonis.
Sumber : http://www.tanpakendali.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VISITORS TODAY


Free Web Counter

DE DU PRINTING








 
Support : Creating Website | DeDu Template | Surya Fashion
Proudly powered by DeDu Jaya Print
Copyright © 2014. Pandawa Beach - Contact @: 085 737 612 224 / +62857 3761 2224
Template Design by Pandawa Line Published by Pandawasite